Senin, 08 Mei 2017

Pentingnya Menulis

Tema: Pentingnya Menulis








Dalam pembahasan kali ini,akan membahas tentang bagaimana tentang pentingnya menulis.

   Hal yang membosankan bagi sebagian orang di Indonesia adalah menulis.buktinya banyak orang yang tidak memiliki minat menulis.Apakah kalian apa itu menulis? Menulis adalah Menulis merupakan kegiatan dimana seseorang dapat menyampaikan infromasi kepada pembaca tanpa suara , tempat dan waktu yang sama . Sehingga dengan tulisan seseorang di tempat lain ataupun dalam waktu mendatang bisa menerima informasi yang disampaikan oleh penulis kepada pembacanya .
   Menulis sangat penting karena selain bisa menyampaikan informasi kepada orang lain kita juga bisa menyampaikan ide-ide atau perasaan kepada orang lain secara tidak langsung . Hal yang membuat menulis sangat penting dalam kehidupan ini adalah penyampaiannya akan sangat bermanfaat bagi orang yang membutuhkan informasi dari tulisan tersebut .
  Menulis juga dapat membuat perasaan lebih lega dengan mengungkapkan perasanya kedalam sebuah tulisan sehingga si penulisa akan merasa bahwa lebih diperhatikan jika seseorang membaca tulisa yang dibuatnya .
 Kita bisa menulis ide-ide bahkan khayalan kita sehingga membawa seseorang tebawa dalam suasana imajinasi yang kita tuliskan seperti dalam Novel Fiksi yang membuat pembacanya ikut berpetualang kedalam cerita yang kita sampaikan .
  Di Zaman yang sudah maju ini menulis tidak lagi harus menggunakan Pensil dan kertas . Sekarang ini orang lebih suka menggunakan Komputer karena dirasa lebih cepat dan lebih efisien . walaupun dalam kenytaanya orang tersebut mengunakan Keyboard dan disebut meng ketik tapi hal yang di hasilkan sama juga yaitu tulisan yang dibaca orang lain .
  Bagi anda yang gemar membaca , tentu biasanya juga akan gemar menulis dikarenakan efek dari terinspirasi dari apa saja yang telah dia baca . Bagi anda yang tidak gemar menulis , anda dapat berlatih dengan menulis cerita keseharian anda untuk membuat anda terbiasa menulis .
  Tentunya tulisan yang penting dalam kehidupan ini adalah tulisan yang dapat membuat kehidupan lebih baik lagi , lebih teratur dan nyaman . Tulisan cerita yang dapat memotivasi kehidupan sehingga seseorang agan bangkit dan memperbaiki diri lebih baik lagi .
Dalam pembahasan kali ini saya juga akan membagikan 7 tips yang harus dikuasai dalam menulis yaitu:
1. Menulislah dengan ringkas dan tidak berbelit-belit. Bisa anda dapatkan dengan rutinitas menulis. Setiap kata yang anda tulis memiliki makna atau tidak ada kata yang sekedar menambah panjang tulisan.

2. Saat menulis jangn melakukannya sambil mengedit, agar supaya apa yang anda pikirkan dapat tertuang secara    continue.

3.Lakukan pembagian paragraf, dalam mengungkapkan suatu ide pikiran yang akan anda tuangkan. Dampaknya akan membuat pembaca merasa nyaman dengan tulisan anda.

4. Menulislah dengan spesifik berdasarkan judul yang telah anda buat. layaknya diskusi yang mengambang jauh dari topik membuat orang menjadi risih begitupula tulisan yang mengambang jauh dari topik akan membuat pembaca merasa tertipu dan kurang nyaman.

5. Menulislah dengan bahasa yang komunikatif, dengan pembaca. Usahakan tulisan tidak sekedar text book, yang hanya berisi bacaan 1 arah. Buatlah tulisan seakan-akan anda sedang berhadapan dengan pembaca. 

6. Menulislah dengan informasi utama yang jelas. Hal itu membuat tulisan anda lebih dapat dipercaya. lengkapi keterangan waktu, tempat, dan keterangan lainnya yang dianggap perlu.

7. Tunjukkan integritas anda dengan menulis yang jujur. menulis yang jujur akan membuat tulisan anda jelas dan membuat pembaca tidak bingung dengan isi tulisan anda.

Saya juga akan membagikan manfaat yang di peroleh dari menulis yaitu:
1.Menulis berarti menciptakan jembatan berkomunikasi dengan diri sendiri maupun orang lain.

2.Kebiasaan menulis akan mengasah dan mempertajam kemampuan diri sendiri dalam berbahasa tulis.
3..Menulis dapat mengasah daya nalar dan daya ingat seseorang.

4.Melatih ketajaman untuk berkonsentrasi.

5.Menulis kreatif akan menjadi sumber penghasilan.

6.Aktivitas menulis dapat memperbanyak teman dan sahabat.

7.Menulis adalah sarana aktualisasi diri seseorang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar