Jumat, 05 Mei 2017

Rendah nya Minat Membaca

Rendah nya Minat Membaca

Memaca adalah kegiatan dengan panca indra mata yg kemudian di proses lebih lanjut,menggunakan akal.membaca sangat bermanfaat bagi kita.selain meningkatkan pengetahuan juga membuat wawasan kita menjadi luas.dengan membaca kita dapat mengetahui berbagai pengetahuan.
Adapun Faktor-faktor yg mempengaruhi rendah nya minat membaca.
Faktor penyebab rendahnya minat baca dikalangan remaja antara lain: 
 
    Lingkungan
Lingkungan adalah faktor utama dalam pembentukan  kepribadian seseorang, lingkungan dapat dibedakan menjadi dua yaitu lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat.
a.       Lingkungan keluarga
Lingkungan yang pertama kali kita kenal adalah lingkungan keluarga. Oleh karena itu lingkungan keluarga merupakan faktor yang sangat utama dalam mempengaruhi pribadi seseorang. Sosok  ibu merupakan memegang peran penting dalam menanamkan karakter anaknya.
b.      Lingkungan masyarakat
Dalam melakukan aktivitas ataupun rutinitas keseharian kita lebih berkecimpung dalam lingkungan masyarakat. Oleh karena itu, lingkungan masyarakat turut menyumbang peran yang besar pula. Lingkungan masyarakat dapat kita sebut teman, sahabat, dunia kerja, dan masyarakat itu sendiri. Seseorang yang memiliki teman yang suka menunda-nunda tugas, suka mbolos dan senang berbelanja akan ikut terbawa dengan kebiasaan-kebiasaan buruk temannya. Oleh karena itu lingkungan masyarakat memiliki peranan penting dalam membentuk kebiasaan dan karakter kita.
 c.Rendahnya Motivasi
          Motivasi dari berbagai pihak amat dibutuhkan. Di sekolah motivasi dan tauladan dibawa oleh sosok guru. Akan tetapi faktanya saat disaat waktu senggang seperti istirahat guru lebih banyak menghabiskan untuk ngobrol, merokok, menonton televisi ataupun bermain catur. Di rumah sosok orang tua sangat berperan dalam memberi motivasi membaca. Motivasi terpokok yaitu motivasi dari diri sendiri yang harus ditumbuhkan sehingga dapat memberikan pedoman yang kuat dan tetap konsisten untuk senantiasa membaca.
   
Adapun Dampak yg di akibatkan dari lemah nya minat membaca.
1.      Mengalami kesulitan memahami, menguasai, mentransfer, dan menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) untuk produksi barang dan jasa bermutu.
2.      Generasi muda akan mudah dipengaruhi atau didoktrin oleh pemahaman–pemahaman yang negatif.
Keterbatasan ilmu pengetahuan menjadikan seseorang memiliki dasar yang dangkal. Seseorang seperti ini pastilah akan mudah dipengaruhi oleh pemahaman-pemahaman yang negatif.
3.      Tidak berkembangnya kreativitas.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar